Date & Time

Selasa, 06 Agustus 2019

Pengertian Telekomunikasi dan Internet

  Assalamu'alaikum Wr Wb. Kali ini saya akan sedikit memberi informasi tentang apa itu Telekomunikasi dan apa itu internet.

  TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam halnya dengan telekomunikasi ini bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan menjadi tiga macam:
1.Komunikasi Satu Arah (Simplex). Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah atau simplex ini pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Radio,televisi,pager,dll.

2.Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah atau duplex ini pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon  dan VOIP.

3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah atau half duplex ini pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

~Komponen dasar
Untuk bisa bertelekomunikasi ini ada beberapa komponen pendukung, yaitu diantaranya:
- Informasi: merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file dan tulisan.
- Pengirim: mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.
- Media transmisi: alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah (dimodulasi) dengan gelombang radio, kemudian diubah lagi menjadi gelombang elektromagnetik lalu dipancarkan dengan alat bernama antena, agar bisa terkirim jarak jauh.
- Penerima: menerima sinyal elektromagnetik  kemudian diubah menjadi sinyal listrik, sinyal diubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.

~Analog dan Digital
Ada dua cara pengiriman yang dipakaidipakai dalam mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.
- sinyal analog : mengubah bentuk informasi ke sinyal analog dimana sinyal yang berbentuk gelombang listrik yang kontinyu (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi.
- sinyal digilat : merupakan informasi yang diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-put us (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu "0" dan "1".

  INTERNET
Interconnection Networking atau yang biasa kita sebut internet ini merupakan suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan banyak jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/ IP).
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet memiliki identitas unik yang disebut dengan alamat IP (Internet Protocol Address).
Alamat IP setiap komputer pasti unik dimana berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet.
- Fungsi internet secara umum
1. Sebagai Media Komunikasi
Penggunaan internet sebagai media komunikasi sudah sangat jamak digunakan saat ini. Hal ini dapat kita lihat dengan munculnya berbagai situs media sosial dan aplikasi chatting yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai Media untuk Akses Informasi
Era internet adalah era keterbukaan. Artinya, dengan kehadiran internet maka manusia lebih mudah mencari informasi. Bahkan keberadaan buku digital atau e-book memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

3. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya
Ada banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia. Hal itu dapat dilakukan dengan melalui internet. Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan di internet adalah makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, desain, dan lain-lain.

4. Sebagai Media untuk Akses Berita
Berbagai peristiwa dan tempat yang ada di seluruh dunia bisa dilihat melalui berbagai situs berita onlin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar